Pendidikan Agama Kristen yang Membebaskan: Pedagogis Kritis Paulo Freire dalam Konteks Budaya Suku Boti
Abstract
Abstract. This paper aimed to propose a liberating construction of Christian Religious Education (CRE). This study departs from research conducted on the Boti ethnic community in Boti Village, South Central Timor District. The Christians in the Boti community are still treated as adherents of foreign religions, whose existence is considered a threat to local culture. This fact makes Christians there unable to contribute optimally to the development of the local community. The method used in this study is a qualitative method with an ethnographic approach. Conducted by Paulo Freire's thinking about critical pedagogy, it is obtained a CRE construction that is relevant to the social situation of society. CRE must be contextual, holistic, liberative and transformative by directing all resources and pedagogical efforts to produce a generation that is critical and dialogical; they have sensitivity, solidarity, and ability to analyze social issues.
Abstrak. Tujuan tulisan ini adalah mengusulkan konstruksi Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang membebaskan. Kajian ini berangkat dari penelitian yang dilakukan pada masyarakat Suku Boti di Desa Boti, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Umat Kristiani di masyarakat Boti masih diperlakukan sebagai penganut agama asing, yang keberadaannya dianggap mengancam budaya lokal. Kenyataan tersebut membuat umat Kristiani di sana tidak dapat memberikan konstribusi secara maksimal bagi kemajuan masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Dengan menggunakan bantuan pemikiran Paulo Freira tentang pedagogis kritis, diperoleh hasil suatu konstruksi PAK yang relevan situasi sosial masyarakat. PAK harus bersifat kontekstual, holistik, liberatif dan transformatif dengan mengarahkan segala daya dan upaya pedagogis agar menghasilkan generasi yang kritis, dialogis, memiliki kepekaan dan solidaritas kemanusiaan, dan memiliki kemampuan menganalisis masalah-masalah sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andung, Petrus Ana. “Komunikasi Ritual Natoni Masyarakat Adat Boti Dalam Di Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Ilmu Komunikasi 8, no. 1 (2010): 36–44.
Andung, Petrus Ana, and Hotlif Arkilaus Nope. “Media Rakyat Sebagai Media Komunikasi Pembangunan Masyarakat Suku Boti.” Jurnal Ilmu Komunikasi 14, no. 2 (December 2017): 277–92. https://doi.org/10.24002/JIK.V14I2.870.
Ardan, Andam Surianty. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Timor Untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan Pada Topik Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA.” Media Sains: Jurnal Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam 19, no. 1 (June 2019): 33–39.
Dahlan, Muhammad. “Rekognisi Hak Masyarakat Hukum Adat Dalam Konstitusi.” Undang: Jurnal Hukum 1, no. 2 (2018): 187–217. https://doi.org/10.22437/ujh.1.2.187-217.
Dale, John, and Emery J. Hyslop-Margison. Paulo Freire: Teaching for Freedom and Transformation. New York: Springer, 2010.
Dasfordate, Aksilas, and Paulo Rano. “Mata Rumah Dalam Adat Istiadat Suku Maumere Di Desa Hewokloang Kabupaten Sikka.” Nyiur: Jurnal Humaniora Dan Ilmu Sosial 1, no. 1 (2020): 26–39.
Erfa, Ernila, and Syania Ubaidi. “Konsep Dan Bentuk Perlindungan Hak Penguasaan Atas Tanah Masyarakat Hukum Adat Di Indonesia (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Balige No. 42/Pdt.Plw/2016/Pn Blg).” Indonesian Notary 3, no. 2 (September 2021): 18–35.
Freire, Paulo. Pedagogy of Freedom: Ethics, Democracy, and Civic Courage. Critical P. Lanham: Rowman & Littlefield Publishers, 1998.
Rantung, Djoys Anneke. Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 2017.
Rato, D., A. Y. Wirajaya, AAIAA Dewi, I Rumadan, and ... Ekspresi Kebudayaan Dan Keadilan Dalam Memperjuangkan Hak Atas Lingkungan Bagi Masyarakat Adat. Jakarta: Media Sains Indonesia, 2020.
Sandiningtyas, Herawati, and Bambang Budi Wiyono. “Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Suku Boti: Studi Kasus Di SDN-SMPN Satu Atap Oefau Desa Boti Nusa Tenggara Timur.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan 3, no. 1 (June 2018): 77–82. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p077.
Sianipar, Desi. “Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan: Suatu Kajian Historis PAK Di Indonesia.” Jurnal Shanan 1, no. 1 (March 2017): 136–57. https://doi.org/10.33541/SHANAN.V1I1.1481.
———. “Reformasi Pendidikan Dan Pengaruhnya Pada Masa Kini.” Jurnal Shanan 1, no. 2 (October 2017): 103–15. https://doi.org/10.33541/shanan.v1i2.1494.
Sianipar, Desi, Yunardi Kristian Zega, Luterius Nehe, and Kristiantoro. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Di HKBP Jatisampurna Bekasi.” JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan 2, no. 2 (November 2020): 447–57. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1964.
Suminar, Erna. “Persepsi Suku Boti Terhadap Lingkungan Hidup.” Ensains Journal 1, no. 2 (September 2018): 89–94. https://doi.org/10.31848/ensains.v1i2.100.
Tambunan, Elia. “Gerakan Transnasional Kristen: Wajah Ekonomi-Politik Agama Dan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (June 2019): 1–17. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i1.4.
Walean, Jefrie. “Agama Dan Teologi Kristen Di Era Post-Truth Dan Disrupsi: Sebuah Kritik Sosiologis.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (June 2022): 59–70. https://doi.org/10.55884/thron.v3i2.31.DOI: https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.944
Article Metrics
Abstract view : 716 timesPDF - 553 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Dunamis telah terdaftar pada situs:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
Online ISSN : 2541-3945
Printed ISSN : 2541-3937
Copyright © Jurnal Dunamis 2016. All Rights Reserved.